Selasa, 05 April 2011

Apakah Itu yang Dinamakan Jodoh???

jodoh juga berarti ''pasangan hidup'' (suami dan istri). Jodoh dalam pengertian ini sangat terkait dengan usaha manusia. Manusia memiliki kebebasan untuk menentukan pasangan hidupnya masing-masing. Apakah dia ingin mendapatkan pasangan hidupnya (menikah) atau tidak, siapa pasangan hidup yang dikehendaki dan kapan ingin menikah? Manusia diperintah untuk berusaha lalu berserah diri kepada-Nya (QS. Ali Imran/3:159).
Menikah, sesuai dengan UU No.1/1974 adalah peristiwa hidup manusia yang sakral. Karena mengemban misi sebagai sarana menciptakan kehidupan manusia yang harmonis, penuh dengan ketenangan, cinta, kasih dan sayang serta rahmat dari Tuhan (al-Rum/30:21). Disamping itu menikah adalah untuk mendapatkan keturunan dan melestarikan generasi manusia sebagai khalifah di muka bumi ini. Oleh karena itu manusia diharapkan untuk menikah dalam hidupnya dengan tujuan tersebut, bukan sekedar untuk memuaskan hawa nafsu, habis manis sepah dibuang.
Dalam pernikahan, tujuan tersebut di atas memang tidak sepenuhnya tercapai, seperti tidak mendapatkan keturunan (anak). Tidak mendapatkan keturunan bukan alasan untuk mengakhiri pernikahan, karena keturunan bukan satu-satunya tujuan perkawinan. Kalau manusia tetap berharap memiliki keturunan, diperbolehkan mencari cara untuk mendapatkannya. Sebagai contoh, seiring dengan kemajuan teknologi, pasangan suami istri dapat memperoleh keturunan melalui cara bayi tabung, atau kalau tidak mampu secara finansial, dapat pula mengadopsi anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar